Minggu atau Ahad

 Kenapa nama-nama hari dalam bahasa Indonesia persis dengan bahasa Arab atau Bahasa lainnya? Apakah ada arti tertentu dalam setiap nama hari?

Mungkin itulah beberapa pertanyaan yang sering beberapa orang tanyakan tentang hari. Mungkin juga ada yang mempermasalahkan nama hari karena artinya identik dengan keyakinan agama tertentu.

Nama-nama hari dalam bahasa Indonesia memang diserap dari bahasa Arab dengan sedikit perubahan lafal. Ada sedikit perbedaan beberapa nama hari dalam bahasa Indonesia jika dibandingkan dengan bahasa Melayu yang digunakan Malaysia. Nama-nama hari dalam bahasa Malaysia sesuai urutannya, yaitu : Ahad, Isnin, Selasa, Rabu, Khamis, Jumaat, Sabtu.

Hari-hari dalam bahasa Arab selain jum'at dan sabtu identik dengan urutan angka. Tujuh hari tersebut awalnya dinamai sesuai dengan tradisi oleh orang Arab, khususnya di Mekah. Nama-nama hari tersebut yaitu : Awwal (Ahad), Ahwan (Itsnaini), Jubar (Tsulatsa), Dubar (Arbaa), Mu’nis (Kamis), dan ‘Arubah (Jum’ah), Syiyar (Sabtu). Perubahan nama ‘Arubah menjadi Jum’ah terjadi setelah ada tradisi berkumpul di rumah Ka’b bin Lu`ay bin Ghalib untuk mendengarkan khotbah. Selisih masa generasi tersebut ada sekitar 7 generasi di atas Nabi Muhammad saw. Kebiasaan ini akhirnya diwariskan turun temurun hingga dijadikan hari besar. Hari berkumpul itu juga dirayakan dengan membuka pasar, berdandan, dan keramaian lainnya. Setelah masuknya Islam, hari Jum’ah diubah landasan teologisnya. Bukan sekadar perayaan hura-hura tapi diperintahkan untuk melaksanakan shalat Jumat sesuai sebutan hari waktu itu. Seperti disebutkan dalam surat Al Jumu’ah ayat 9-11.

Berbeda dengan hari Jum'at yang identik dengan "hari spesial" bagi umat Islam, menurut beberapa sumber, hari sabtu dalam bahasa Arab diserap dari kata sabat dalam bahasa Ibrani. Sabtu juga identik dengan angka tujuh atau Sab'ah. Bagi orang Yahudi, hari Sabtu adalah hari dihentikannya seluruh aktifitas pekerjaan untuk mencari penghasilan, hari tersebut ditujukan hanya untuk beribadah kepada Tuhan. Hari Sabtu Juga diyakini sebagai waktu berhentinya Tuhan menciptakan bumi dan seluruh isinya setelah 6 masa penciptaan. Soal tradisi Yahudi pada hari sabtu mungkin bisa dicari di beberapa buku atau sumber lain.

Khusus dalam bahasa Indonesia, hari lain yang tidak menggunakan urutan angka dan tidak diserap dari bahasa arab adalah hari Minggu. Hari minggu diserap dari kata #domingo dalam bahasa portugis. Selain bahasa Portugis, bahasa lain yang menggunakan kata domingo untuk menyebut hari minggu adalah bahasa Spanyol. Domingo (atau bahasa Latinnya Dominicus) artinya adalah “Hari Tuhan”. Konon, hari ini menggambarkan hari kelahiran Yesus pada kepercayaan Agama Kristen. Kata Domingo sendiri dieja sebagai Minggu di daerah Melayu, termasuk Indonesia, mulai abad ke-19 hingga 20. Selain sebagai sebutan hari, minggu juga digunakan sebagai satuan waktu yang nama lainnya adalah "pekan". Hari minggu dalam bahasa Indonesia bisa juga disebut dengan hari Ahad (dengan huruf A besar), walaupun kata Minggu lebih sering digunakan sebagai nama hari.

Ahad n 1 hari pertama dalam jangka waktu satu minggu; Minggu; 2 (ditulis dengan huruf kecil) satu; esa; 

Minggu/Ming·gu/ n 1 hari pertama dalam jangka waktu satu minggu; Ahad: pada hari -- semua pegawai libur; 2 (ditulis dengan huruf kecil) jangka waktu yang lamanya tujuh hari: setiap tahun kami mendapat cuti dua --;--

Satu hal lain yang menarik, malam minggu sangat identik dengan apel atau pacaran. Kebiasaan ngapel pada malam minggu mungkin disebabkan karena Minggu adalah hari libur. Cukup banyak sumber yang menyebutkan dengan jelasa bahwa Minggu merupakan hari libur resmi hampir di seluruh dunia. Pengecualiannya adalah beberapa negara Timur Tengah yang libur pada hari Jum'at.

Btw, kata Holiday berasal dari dua kata yaitu Holy dan Day. Holy bisa diartikan dengan kata sacred, suci, atau "didedikasikan sepenuhnya pada Tuhan". Selain holiday, bahasa Inggris juga menggunakan kata vacation untuk menyebut liburan, terutama di Amerika Serikat / US.

Sepertinya saya sudah menulis cukup banyak fakta tentang hari minggu. Soal seperti apa pendapat anda, itu urusan anda. Saya hanya menuliskan apa yang saya tahu dan saya tambahkan dari beberapa sumber. Kalau mau mengoreksi atau menambahkan informasi yang berkaitan dengan apa yang sudah saya tulis, dipersilakan untuk berkomentar di blog ini.

Sumber :
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »