Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Saat pertama kali bertemu, alangkah baiknya jika kita memperkenalkan diri. Perkenalan diri biasanya diawali dengan salam seperti hi, hello, dll. Setelah itu kita bisa menyebutkan nama kita. Untuk melengkapi perkenalan kita, kita bisa menyatakan beberapa deskripsi tentang diri kita. Deskripsi yang kita perlukan misalnya terkait nama, alamat, hobi, pendidikan, dan pekerjaan. Setelah semua deskripsi disebutkan, kita bisa menutupnya dengan salam penutup dan rasa terima kasih.

Jika kita sudah mempelajari salam dan kalimat nominal kita hanya perlu menghafalkan sedikit kosa kata terkait hal-hal yang sudah saya sebutkan. 

Dalam bahasa Inggris, perkenalan diri atau self-introduction tidak jauh berbeda dengan bahasa-bahasa lainnya. Yang berbeda hanya bahasa yang digunakan. Contoh perkenalan diri bisa kalian lihat di bawah ini.

  • Hello! => Halo
  • My full name is Gerimisya Stela Rida => Halo Nama lengkap saya Gerimisya Stela Rida
  • My nick name is Geri => Nama panggilan saya Geri.
  • I come from Lampung => Saya datang dari Lampung
  • Currently, I live in Bandung => Sekarang, saya tinggal di Bandung
  • I'm 35 years old => Saya 35 tahun
  • My hobby is chess => Hobi saya adalah catur
  • My favorite food is fried rice => Makanan kesukaan saya adalah nasi goreng.
  • Glad to meet you => Senang bertemu denganmu
Kalau diubah, jadinya akan seperti di bawah ini.

  • Hello! => Halo
  • My full name is {nama lengkap} => Halo Nama saya Gerimisya Stela Rida
  • My nick name is {nama panggilan} => Nama panggilan saya Geri.
  • I come from {asal kota sebelumnya} => Saya datang dari Lampung
  • Currently, I live in {tempat tinggal} => Sekarang, saya tinggal di Bandung
  • I'm {usia} years old => Saya 35 tahun
  • My hobby is {hobi} => Hobi saya adalah catur
  • My favorite food is {makanan kesukaan} => Makanan kesukaan saya adalah nasi goreng.
Halo bisa diganti dengan "hi" atau salam lainnya. "Glad to meet you" bisa diganti dengan beberapa ungkapan di bawah ini.
  • Nice to meet you
  • Good to meet you
  • Lovely to meet you
  • Pleasure meeting you
Walaupun kita bisa mengganti meet dengan see, untuk pertemuan pertama umumnya kata yang biasa digunakan adalah "meet".

Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »