Pola Kalimat dalam Bahasa Jepang

Kalimat paling sederhana dalam Bahasa Jepang adalah kalimat yang diakhiri dengan kopula seperti desu da, deshita, datta, deshou, darou, dll. Kopula digunakan untuk menentukan bentuk waktu dalam kalimat yang tidak menggunakan kata kerja. 

Kata kerja bahasa Jepang mempunyai perubahan bentuk berdasarkan bentuk waktu dan kegunaannya. Kata kerja dalam bahasa Jepang diletakkan di akhir kalimat. Kalimat dalam bahasa jepang minimal hanya terdiri dari kata kerja jika kata kerjanya adalah jata kerja intransitif. Dalam kalimat transitif, objeknya umumnya ditambahkan sebelum kata kerja. Subjek hanya digunakan jika konteks kalimat belum jelas. Selain kata kerja yang diletakkan di akhir kalimat, tidak ada susunan khusus untuk pola kalimat verbal dalam bahasa Jepang. 

Dalam percakapan, pola kalimat bisa jadi lebih fleksibel dibandingkan saat kira menuliskannya. Topik atau subjek bisa diucapkan setelah kalimat selesai jika kita lupa. 

Setiap kata atau unsur kalimat dalam bahasa Jepang ditentukan kegunaannya dengan menggunakan partikel setelahnya. Kalimat bisa dibolak-balik selama partikelnya tepat. Kalimat dalam bahasa Jepang bisa dibolak-balik seperti di bawah ini.

  1. Nina-san wa, Uchi de, Suika o, taberu. => ニナさんは、家でスイカを、食べる。=> 
    Arti :  Nina makan semangka di rumah.
  2. Suika o, Nina-san wa, Uchi de, taberu. => 家でスイカを、ニナさんは、たべる。
    Arti :  Di rumah, (kamu) makan semangka.
  3. Uchi de, Suika o. Nina-san wa. taberu. => 家でスイカをニナさんはたべる。
    Arti :  Di rumah, semangka, (kamu) makan.
Dari contoh di atas, kita bisa melihat dengan jelas bahwa kalimat dalam bahasa Jepang susunannya fleksibel. Walaupun begitu, kalimat dengan objek sebelum kata kerja lebih umum daripada pola kalimat lainnya. 

Kita juga bisa melihat bahwa partikel menjadi bagian penting dalam bahasa Jepang. Partikel digunakan untuk membedakan kegunaan dari setiap kata. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kegunaan setiap partikel yang saya gunakan pada contoh di atas.
  • Kata sebelum partikel wa adalah topik. 
  • Kata sebelum partikel o adalah objek. 
  • Kata sebelum partikel de adalah tempat dilakukannya sesuatu.
Selain pola kalimat di atas, ada cukup banyak pola kalimat lain yang akan kalian pelajari saat belajar bahasa Jepang. Untuk saat ini, kita cukup fokus pada kalimat sederhana saja.
Berikutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »